FLOURISH OR PERISH WITH DIGITAL MARKETING
Revolusi industri 4.0 mendorong peningkatan pengguna internet dengan pesat. Tingkat penetrasi Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, dimana sebagian besar pengguna internet tersebut adalah usia remaja diikuti dengan usia dewasa muda. Dampak kemajuan teknologi tersebut terhadap dunia bisnis adalah berkembangnya bisnis online. Di tengah perkembangan bisnis online tersebut, kemampuan memasarkan secara digital menjadi sangat penting. Promosi menjadi kegiatan yang tidak bisa tidak harus dilakukan secara efektif. Suatu informasi tentang produk yang dipasarkan bisa sampai pada target konsumen dalam hitungan detik, kondisi tersebut menuntut ketepatan dalam memilih media, konten, maupun waktu/timing dalam memasarkan. Dalam pemasaran digital, pengenalan atas konsumen yang dibidik menjadi hal yang sangat krusial. Kemampuan seorang pemasar dalam memasarkan secara digital akan menentukan apakah suatu bisnis bisa berkembang (flourish) atau malah terpuruk (perish) karena kurang tepatnya pemilihan media, konten atau pun waktu. Karena itu dibutuhkan seorang tenaga pemasar yang diyakini memiliki kompetensi untuk memasarkan secara digital. Kemampuan pemasaran digital tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis digital, tapi juga oleh bisnis offline. Beberapa bisnis offline meskipun jangkauan pasarnya tidak bisa mengglobal karena karakter produknya, ternyata tetap membutuhkan pemasaran secara digital agar dapat bersaing dengan pesaingnya.
Sertifikasi marketing digital saat ini
menjadi suatu hal yang dirasa perlu untuk berjalannya suatu bisnis. Mengingat
pemasaran digital umumnya dilakukan melalui media sosial, maka seorang tenaga
pemasaran digital seyogyanya memiliki tidak hanya kompetensi untuk melakukan
analisis pasar, namun juga kemampuan untuk memilih dan menganalisis media
sosial yang akan digunakan dalam memasarkan. Kompetensi dalam pemasaran digital
ini dapat dinilai melalui suatu uji kompetensi yang bisa dilakukan oleh suatu
Lembaga Sertifikasi Profesi. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan
terhadap sertifikasi digital marketing, maka saat ini mulai banyak Lembaga Sertifikasi Profesi untuk digital marketing. Dimana Lembaga Sertifikasi Profesi
tersebut dapat memberikan bimbingan teknis sekaligus menguji kompetensi
pemesaran digital. Salah satu Lembaga
Sertifikasi Profesi tersebut adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi
Digital (LSP-TD) yang berada di Yogyakarta.
Comments
Post a Comment